Tips

Tips Memilih Gazebo yang Tepat

Tradisi mendirikan gazebo  nyaris menjadi bagian kebudayaan manapun. Di  Jawa orang mengenal pendopo. Di Bali ada bale-bale. Sementara orang Sunda sangat familiar dengan saung. Meski punya istilah dan bentuk yang tidak sama persis secara umum bangunan yang masuk kategori gazebo mempunyai fungsi sama: tempat bersantai atau meriung

Sementara di negara-negara Eropa dan Jepang, gazebo penting sebagai bangunan terbuka untuk menikmati keindahan taman. Bahkan gazebo kadang tak terpisahkan dari taman itu sendiri. Karena kahadiran gazebo yang cantik juga ikut mempercantik taman.

Saat ini di Indonesia, bangunan gazebo memang dimiliki oleh kalangan menengah-atas yang notabene mempunyai rumah dengan areal luas. Selain itu kehadiran gazebo juga bisa dilihat di resort atau taman-taman hotel. Baik resort/hotel yang ada di dataran tinggi berhawa sejuk maupun resort/hotel yang berlokasi di tepi pantai.

Sehingga dengan kondisi alam dan latar belakang budaya yang beragam di Indonesia, beragam pula gazebo yang ada.  Tapi apapun jenis gazebo yang Anda pilih harus disesuaikan dengan kondisi dan suasana rumah/lokasi secara keseluruhan. Juga lahan yang tersedia. Tapi yang pasti jangan sampai model disain gazebo yang dipilih tidak seirama dengan desain eksterior rumah. Misalnya rumah bergaya tradisional klasik, tentu tidak elok dipadu-padan dengan gazebo modern.

Berikut ini jenis-jenis gazebo serta “pasangannya”.

Tradisional/Etnis. Biasanya bahan utamanya dari kayu atau bambu. Bentuknya merujuk bangunan etnik tertentu, seperti bentuk joglo dari Jawa atau pura Bali dengan ornamen/hiasan mahkota pada atap puncak dan motif ukiran pada tiang. Warnanya didominasi coklat dan merah tanah.  Gazebo jenis ini cocok dipasang di rumah yang bercorak etnis/tradisional.

Country. Modelnya biasanya didominasi dengan penggunaan batu alam, bata dan kayu yang disertai garis-garis tegas dan keras. Warnanya cukup kental dengan nuansa tanah, padang rumput dan alam pegunungan. Cocok untuk rumah yang biasa dibangun di Vila pegunungan.

Modern. Bahan maupun warna finishing lebih bebas. Bahan utama gazebo jenis ini juga  bisa dari kayu, batu alam atau logam, yang biasanya dicat. Bentuknya cenderung minimalis (tidak banyak lekuk-lekuk), sederhana atau futuristik. Cocok dengan rumah bergaya modern dan minimalis.

    Klasik. Model ini sangat terpengaruh dengan desain gazebo dari  Eropa (Barat).  Di sana-sini didominasi dengan pilar berornamen rumit, atap lengkung yang cantik dan elegan. Juga biasanya mengikutkan pergola dengan bunga-bunga dengan warna yang dominan putih. Cocok untuk desain rumah klasik (kolonial).